Olahraga yang Cocok untuk Wanita Haid, Apa Saja?

Senin, 24 Sepember 2018 | 01:08 WIB Resik Aktif
Olahraga yang Cocok untuk Wanita Haid, Apa Saja?

Wanita haid sering kali mengalami kesulitan untuk berolahraga karena rasa sakit di bagian perut dan tubuh yang terasa pegal-pegal. Walaupun begitu, wanita haid disarankan untuk tetap berolahraga.

Pasalnya, latihan fisik dapat membantu menghilangkan rasa pegal-pegal dan membuat otot yang kaku lebih lentur. Berikut ini beberapa olahraga yang disarankan bagi Anda yang ingin melakukan olahraga saat menstruasi.

Jalan kaki

Bentuk olahraga paling simpel ini sangat dianjurkan dilakukan pada pagi dan sore hari. Lakukan 15-30 menit atau sesering yang Anda bisa dalam kondisi sibuk bekerja. Namun, apabila Anda memiliki waktu lebih usahakan jalan kaki selama 30-45 menit 3 kali dalam seminggu. Walaupun sederhana, olahraga ini ampuh menenangkan pikiran dan rasa sakit di perut.

Senam aerobik

Senam aerobik melibatkan serangkaian gerakan yang dipadukan dengan irama musik dengan durasi tertentu. Olahraga ini terbilang menyenangkan karena mampu membuat pikiran menjadi senang, dan membuat hati menjadi tenang. Rasa sakit dan penat di kepala akan sirna seiring Anda bergerak dan berkeringat.

Yoga

Yoga merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Lakukan beberapa gerakan yoga untuk bagian perut, punggung bawah, dan kaki. Gerakan ini bertujuan sebagai peregangan untuk melatih kekuatan otot.

Memang terdengar mudah, namun dalam praktiknya gerakan yoga membutuhkan keseimbangan, kekuatan napas, dan fokus. Kombinasi tersebut akan mengeluarkan keringat, merelaksasi otot, dan mengembalikan semangat Anda.

Jogging

Jogging memang dikenal sebagai bentuk olahraga yang mampu membentuk massa otot, membakar kalori, dan menjaga kesehatan jantung. Ternyata, jogging bisa menjadi olahraga pilihan ketika mengalami perut kembung saat menstruasi. Tapi ingat, tidak disarankan jogging dengan intensitas yang terlalu kuat, sesuikan dengan kondisi tubuh.