Biar Lebih Bugar, 5 Olahraga Ini Cocok Banget Dilakukan Ibu Rumah Tangga

Rabu, 29 Agustus 2018 | 07:38 WIB Resik Aktif
Biar Lebih Bugar, 5 Olahraga Ini Cocok Banget Dilakukan Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga yang sibuk mengurus keperluan rumah tangga dan anggota keluarga, dibutuhkan energi dan stamina yang tidak sedikit. Bangun lebih pagi daripada anggota keluarga yang lain, memasak, berbelanja, merapikan tempat tidur dan sudut-sudut rumah menjadi rutinitas sehari-hari yang tak bisa luput begitu saja.

Agar dapat melakukan segala sesuatu dengan cepat dan efektif, para ibu rumah tangga harus rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Berikut 5 olahraga yang bisa dilakukan tanpa menyita banyak waktu dan bikin lelah.

1. Yoga

Seorang ibu rumah tangga butuh fisik dan mental kuat dalam mengurus rumah dan anggota keluarga. Nah, yoga dapat menjadi aktivitas fisik yang cocok banget dilakukan ibu rumah tangga. Pasalnya, gerakan yoga dapat melatih kekuatan fisik, mental, dan spiritual.

Gerakan-gerakan yoga juga bermanfaat untuk melatih otot kaki, punggung, pinggul, dan tangan. Cukup lakukan yoga paling tidak 30 menit setiap pagi, sebelum melakukan kesibukan. Setelah itu, dijamin Anda akan siap menjalani hari dengan tubuh kuat dan pikiran rileks.

2. Sit up

Latihan fisik yang satu ini sangat berguna untuk membentuk otot perut. Tata cara melakukan sit up yang benar adalah berbaring telentang sambil menekuk lutut 90 derajat, lalu jejakkan telapak kaki di lantai. Selanjutnya, tekuk siku dan arahkan ke samping. Sentuh ujung telinga supaya otot leher tidak teregang secara berlebihan.

Kemudian, angkat badan dan dekatkan dada ke paha. Pastikan punggung ikut terangkat dan kaki tetap terjejak di lantai. Lalu, rebahkan kembali tubuh ke lantai. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang  sebanyak 30-45 kali.

3. Plank

Plank merupakan salah satu latihan fisik terbaik untuk membangun kekuatan otot, membentuk postur tubuh ideal, dan melatih keseimbangan. Melakukan plank tak butuh waktu lama, cukup dua menit saja. Namun, Anda benar-benar harus menjaga posisi  plank dengan sempurna, jangan mengubah posisi atau beristirahat di tengah-tengah.

Posisi plank yang benar adalah letakkan lengan bagian bawah di lantai. Pastikan siku membentuk sudut 90 derajat dan letaknya sejajar dengan bahu. Selain itu, pastikan juga tubuh dan kaki berada dalam posisi lurus. Mempertahankan posisi seperti ini dalam waktu dua menit membutuhkan kekuatan dan stamina otot lengan, punggung, dan inti.

4. Fitness

Melakukan fitness tak harus dilakukan di gym. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan simpel di rumah, seperti angkat barbel, push up, atau meniru gerakan zumba dari YouTube. Apabila di rumah Anda terdapat alat-alat olahraga seperti sepeda statis atau treadmill, Anda juga dapat memanfaatkannya.

5. Meditasi

Anda sedang stres akan suatu masalah dan butuh menenangkan pikiran? Melakukan meditasi dapat menjadi pilihan tepat. Supaya Anda benar-benar fokus dan tenang, lakukan meditasi sendirian di tempat yang sepi dan menenangkan. Anda dapat melakukan meditasi mulai dari 5 menit hingga 30 menit, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keleluasaan jadwal Anda.

Sebelum mulai, pastikan Anda melakukan peregangan terlebih dahulu karena Anda akan duduk di satu tempat dalam waktu cukup lama. Setelah itu pastikan Anda duduk dalam posisi nyaman, tutup mata, buat tubuh serileks mungkin, dan konsentrasi untuk menenangkan pikiran.

Nah, tadi adalah lima jenis olahraga yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga di rumah. Yuk, buat tubuh kian sehat dan seksi dengan rajin berolahraga!