Waspadai Gejala Infeksi Jamur Area Kewanitaan

Senin, 25 Maret 2019 | 01:09 WIB Resik Aktif
Waspadai Gejala Infeksi Jamur Area Kewanitaan

Infeksi jamur area kewanitaan merupakan masalah kesehatan yang umum dialami para wanita. Menurut WebMD, sekitar 75 persen wanita mengalami infeksi jamur area kewanitaan paling tidak satu kali dalam hidupnya.

Masalahnya, sering kali wanita tidak menyadari kalau dirinya mengalami infeksi jamur area kewanitaan. Mereka baru sadar setelah mengalami gatal atau keputihan berlebih. Apakah Anda juga pernah mengalaminya?

Sebelum terlambat, ada baiknya Anda mengenali gejala infeksi jamur area kewanitaan sejak awal. Misalnya, beberapa gejala infeksi seperti di bawah ini.

1. Terasa sangat gatal

Rasa gatal di area kewaanitaan memang cukup normal terjadi. Namun, Anda perlu khawatir kalau gatalnya terasa amat sangat. Biasanya, gejala ini menandakan bahwa terjadi infeksi jamur di area kewanitaan Anda. Namun, jangan pernah menggaruk area kewanitaan Anda karena bisa menyebabkan iritas. Saat terasa gatal, segera basuh area kewanitaan dengan air hangat lalu lap hingga kering.

2. Keputihan menggumpal

Keputihan biasanya sering muncul saat menjelang haid. Anda tak perlu khawatir selama keputihannya dalam keadaan normal. Salah satu ciri keputihan tidak normal yang disebabkan oleh infeksi jamur adalah keputihan yang berbentuk seperti gumpalan. Selain itu, biasanya keputihan ini juga disertai dengan bau kurang sedap.

3. Nyeri saat buang air kecil

Gejala lain dari infeksi jamur adalah timbulnya rasa nyeri saat buang air kecil. Pasalnya, infeksi jamur di area kewanitaan juga bisa menjalar ke daerah di sekitarnya, seperti saluran kemih. Akibatnya, terjadi infeksi saluran kemih yang menimbulkan rasa nyeri saat buang air kecil.

4. Sakit saat berhubungan fisik

Tak hanya saat buang air kecil, area kewanitaan yang terinfeksi jamur juga terasa nyeri saat berhubungan intim. Selain terasa nyeri, area kewanitaan juga akan terasa panas. Tentunya, hal ini dapat membuat hubungan fisik Anda begitu terganggu.

5. Bibir area kewanitaan merah dan bengkak

Sesekali coba periksa kondisi area kewanitaan Anda di cermin. Apabila bibir area kewanitaan terlihat merah dan bengkak, kemungkinan besar Anda mengalami infeksi jamur. Anda perlu segera mengambil tindakan untuk mengatasinya sebelum keadaannya menjadi lebih parah.

Tenang, infeksi jamur dapat diatasi, kok. Kalau belum terlalu parah, Anda tak perlu pergi ke dokter. Cukup menggunakan bahan-bahan alami, seperti Resik V Godokan Sirih yang mengandung godokan air sirih asli. Kandungan alaminya mampu mengatasi keputihan dan bau tak sedap.

Keamanan produk tersebut sudah lulus uji oleh BPOM. Begitu juga kehalalannya yang sudah tersertifikasi MUI. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk memakainya.