Sehat di Hari Tua, Terapkan 5 Kebiasaan Sehat Ini Selagi Masih Muda

Jumat, 1 Februari 2019 | 05:36 WIB Resik Aktif
Sehat di Hari Tua, Terapkan 5 Kebiasaan Sehat Ini Selagi Masih Muda

Hidup sehat sampai tua menjadi impian semua orang. Namun, hal ini sulit tercapai jika tak diimbangi dengan usaha yang keras. Anda perlu memupuk kebiasaan hidup sehat sejak muda untuk bisa fit sampai nenek-nenek.

Mumpung masih berusia di bawah 40 tahun, Anda belum terlambat menerapkan kebiasaan hidup sehat. Bagaimana caranya?

1. Memasak makanan sendiri

Tak hanya hemat, memasak makanan sendiri juga jauh lebih sehat dibandingkan beli makanan di luar. Pasalnya, Anda bisa memilih sendiri bumbu-bumbu yang digunakan. Anda dapat menghindari bumbu penyedap serta membatasi gula dan garam.

Supaya tak cepat bosan, Anda bisa mencari resep makanan sehat menarik di internet. Ajak keluarga untuk menikmatinya bersama agar mereka juga terbiasa mengonsumsi makanan sehat.

2. Mengonsumsi sayur dan buah

Saat memasak makanan sendiri, jangan lupa untuk menyiapkan menu sayuran. Siapkan pula buah-buahan sebagai menu pembuka. Sayur dan buah mengandung banyak sekali vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, kedua makanan ini juga mengandung mineral, serat, dan antioksidan yang baik untuk pencernaan dan daya tahan tubuh.

3. Peduli terhadap kesehatan mental

Kesehatan fisik dan mental sebenarnya tak bisa dipisahkan. Apabila Anda stres atau terlalu banyak merasakan emosi negatif, tubuh pun mudah jatuh sakit. Sebaliknya, ketika tubuh sakit pikiran juga akan terbebani.

Ketika berada pada usia dewasa muda, yaitu antara 20-45 tahun, Anda akan menghadapi banyak masalah sering kali lebih kompleks dari tahap usia sebelumnya. Di usia ini, Anda juga kerap dihadapkan pada pilihan yang menuntut pertimbangan matang. Akibatnya, pada tahapan usia ini Anda rentan mengalami stres atau depresi. Anda pun perlu peka dengan suasana hati agar tak sedih atau stres berkepanjangan.

Untuk mengatasinya, coba lakukan kegiatan yang menyenangkan seperti menjalani hobi atau jalan-jalan. Anda juga bisa coba melakukan meditasi atau konsultasi ke psikolog bila diperlukan.

4. Lebih aktif bergerak

Aktif bergerak tak melulu berarti olahraga. Bagi Anda yang memiliki rutinitas padat dan tak sempat berolahraga, bisa melakukan kegiatan simpel tapi tak kalah menyehatkan bagi tubuh. Misalnya, Anda bisa pergi ke kantor dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Cara lain, Anda dapat memilih untuk naik turun tangga dibandingkan naik lift.

Aktif begerak pada usia muda dapat mencegah penyakit pada usia lanjut. Anda akan terhindar dari osteoporosis, penyakit jantung, dan diabetes.

5. Rawat Anggota Tubuh

Merawat kebersihan anggota tubuh juga bisa mencegah tubuh terkena penyakit. Tubuh yang bersih akan terhindar dari kuman dan bakteri penyakit. Selain mandi dua kali sehari, rawat juga anggota tubuh dengan obat lulur atau perawatan tubuh lainnya yang mengandung banyak vitamin. Jadi, tubuh tak hanya sehat tapi juga tampak menawan.

Jangan lupa untuk membersihkan anggota tubuh yang tak terlihat, seperti area kewanitaan. Sebab, bakteri dan jamur juga kerap bersarang di sana. Bila area kewanitaan tidak dirawat, khawatir dapat menimbulkan penyakit yang dapat mengganggu. Namun, saat membersihkan area kewanitaan, jangan gunakan sabun mandi biasa karena sering kali pHnya tidak sesuai. Lebih baik Anda menggunakan cairan pembersih khusus area kewanitaan yang pHnya terjamin sesuai, seperti Resik V Godokan Sirih.

Terbuat dari godokan sirih asli, produk tersebut mampu mengatasi keputihan dan bau kurang sedap di area kewanitaan. Keamanaan penggunaannya pun sudah dijamin oleh BPOM. Begitu juga dengan kehalalannya yang sudah tersertifikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Yuk, hidup sehat sedari muda agar hidup bahagia hingga tua!