Latihan Fisik Ringan Ini Cocok untuk Wanita Sibuk

Jumat, 19 Oktober 2018 | 08:22 WIB Resik Aktif
Latihan Fisik Ringan Ini Cocok untuk Wanita Sibuk

Hidup di tengah kesibukan sebagai Ibu rumah tangga membuat wanita tidak nemiliki waktu luang untuk berolahraga. Padahal, latihan fisik sangat penting untuk dilakukan sebisa mungkin sesibuk apapun jadwal kita.

Tak perlu khawatir, ada banyak latihan fisik ringan yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan. Contohnya, jalan kaki, senam, dan gerakan kombinasi yang bisa dilakukan di kantor.

Melakukan olahraga secara rutin akan membuat Anda menjadi lebih produktif. Selain itu, olahraga juga dapat menurunkan kadar stres, sehingga hidup pun jadi lebih bahagia. Dengan jadwal yang padat sekalipun, olahraga rutin bukanlah sesuatu yang mustahil.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di tengah bebagai kesibukan Anda.

Lari dan jogging

Olahraga ini tergolong murah karena tidak memerlukan alat khusus, kecuali sepatu dan pakaian untuk berlari. Selain itu, berlari dapat dilakukan di mana saja.

Anda dapat melakukannya di lingkungan kantor sebelum pulang jika memungkinkan, di area sekitar tempat tinggal, atau bahkan dengan treadmill di rumah atau pusat kebugaran.

Lari dan jogging adalah salah satu olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung dan kebugaran tubuh secara umum.

Senam dan kombinasi latihan

Baik di pusat kebugaran berbayar, senam massal mingguan, atau sendiri di rumah dengan panduan video, tak ada alasan untuk tidak dapat melakukan olahraga sederhana ini.

Senam juga dapat dilakukan bersama-sama, sehingga cocok untuk Anda wanita sibuk yang ingin menyempatkan diri bersosialisasi di luar kesibukan harian. Selain senam, Anda juga bisa melakukan kombinasi gerakan latihan seperti push-up, sit-up, plank, dan squat di rumah.

Gerakan sederhana di kantor

Hari-hari Anda dihabiskan di kantor? Manfaatkan rutinitas ke kantor sebagai dosis olahraga harian Anda. Jika membawa kendaraan pribadi, pilih lokasi parkir yang cukup jauh dari pintu kantor agar dapat jalan kaki di pagi dan sore hari.

Bila kantor Anda berada di gedung di lantai atas, gunakan tangga dan hindari menggunakan eskalator atau lift. Di sela-sela pekerjaan Anda juga dapat melakukan peregangan otot.

Aktivitas sederhana juga bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti olahraga. Salah satunya adalah saat berkomunikasi dengan rekan kerja.

Tinggalkan ponsel di meja kerja dan datangi langsung rekan kerja Anda daripada mengontaknya lewat aplikasi chat. Dengan cara ini, secara tidak sadar Anda telah menambah jumlah langkah harian.

Meski Anda seorang wanita yang sibuk, menjaga kebugaran juga dapat tetap dilakukan dengan mengikuti tips di atas. Bulatkan tekad Anda dan berusahalah untuk disiplin dalam menjalankan olahraga sebagai bentuk investasi kesehatan di masa depan nanti.