Empat Topik Penting Ini Perlu Dibicarakan Sebelum Menikah

Jumat, 19 Oktober 2018 | 08:22 WIB Harmoni Cinta
Empat Topik Penting Ini Perlu Dibicarakan Sebelum Menikah

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum melangsungkan pernikahan. Persiapan yang dimaksud bukan hanya terkait uang dan pernak-pernik pernikahan saja, melainkan prinsip serta visi-misi Anda dan suami.

Alangkah baiknya bila beberapa bulan sebelum hari H, Anda duduk berdua dengan calon suami dan saling terbuka satu sama lain. Ceritakan berbagai hal terkait diri masing-masing yang belum pernah dibicarakan sebelumnya. Usahakan juga untuk membahas satu atau dua hal mengenai kehidupan masa depan setelah membina rumah tangga.

Apabila Anda bingung, paling tidak ada empat topik yang bisa Anda bicarakan dengan si dia. Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Latar belakang keluarga

Apabila Anda belum terlalu mengenal keluarganya dengan baik, maka ini menjadi salah satu topik yang penting untuk dibicarakan. Cari tahu latar belakang keluarganya, seperti kebiasaan-kebiasaan, karakteristik anggota keluarganya, dan seberapa dekat hubungan antar anggota keluarga. Dengan mengetahui latar belakang ini, Anda akan lebih mudah untuk memposisikan diri setelah menikah.

2. Manajemen keuangan

Keuangan dapat menjadi salah satu hal yang cukup sensitif. Karena itu, lebih baik kalau Anda sudah tahu kebiasaan sang calon suami dalam mengatur keuangan dari sebelum menikah. Terlebih lagi, Anda sebagai istri akan menjadi 'menteri keuangan' dalam keluarga. Pasti enggak mau kan kalau nantinya stres mengatur keuangan rumah tangga karena baru tahu suami boros?

Jadi, sebelum menikah sebaiknya Anda mencari tahu seberapa hemat atau boros dia sesungguhnya. Bicarakan juga bagaimana Anda akan mengatur keuangan rumah tangga nanti, sehingga dia juga tak kaget kalau tiba-tiba diminta mengurangi pengeluaran.

3. Kebiasaan unik

Ketika masih pacaran, kemungkinan besar Anda tidak mengetahui kebiasaan-kebisaan yang dimiliki pasangan saat di rumah. Bisa jadi ia memiliki kebiasaan unik yang tak Anda duga sebelumnya. Supaya tidak 'ilfil' setelah menikah, coba tanyakan mengenai kebiasaan unik tersebut. Jadi, Anda sudah bisa mempersiapkan diri untuk menerimanya.

4. Pembagian peran

Sepasang suami istri memiliki perannya masing-masing dalam rumah tangga. Pembagian peran ini sebaiknya sudah diatur dengan jelas sejak sebelum menikah, sehingga dapat mempersiapkan diri dan mengantisipasi tantangan yang muncul. Topik ini semakin penting untuk dibicarakan kalau kedua belah pihak sama-sama bekerja.

Atur peran dalam melakukan pekerjaan rumah tagga, urusan pembayaran, serta mengasuh anak. Masing-masih pihak harus komitmen dalam menjalankan peran yang sudah disepakati.

Itu adalah empat topik yang perlu dibicarakan dengan calon suami Anda sebelum menikah. Hal ini penting untuk mencegah pertengkaran yang tidak diinginkan. Ingat, hal ini berlaku dua arah ya. Anda juga harus terbuka dan menceritakan semuanya kepada  si dia.