Kunci Menjaga Keharmonisan Dengan Keluarga: Kenali dan Pahami Pasangan Anda

Jumat, 22 Juni 2018 | 08:30 WIB Harmoni Cinta
Kunci Menjaga Keharmonisan Dengan Keluarga: Kenali dan Pahami Pasangan Anda

Pernikahan sejatinya menyatukan dua insan berbeda, atau dalam skala lebih besar menyatukan dua keluarga dengan latar belakang berbeda pula. Adanya perbedaan sangatlah wajar, sebab suami dan istri memang tercipta dari dua kultur budaya yang berbeda.

Pada pasangan kita, pastilah telah terbentuk karakter yang berbeda pula, maka ketika kita berbeda pendapat, kita tidak boleh langsung semena-mena memvonis pasangan. Waktu memang menjadi kunci penting untuk menyelaraskan perbedaan keduanya tahap demi tahap, agar tercipta suatu tujuan hidup bersama.

Agar rumah tangga berjalan harmonis, tak berarti pasangan harus dipaksakan untuk sama seperti Anda. Justru kita harus menyikapinya dengan positif dengan lebih mengenal serta memahami pasangan. Pasang surut dalam mengarungi bahtera rumah tangga pasti ada,  karena berbagai perbedaan yang terjadi.

Lalu sebagai seorang istri bagaimana sikap yang tepat dalam menyikapi tiap perbedaan di rumah tangga? Tips di bawah mungkin dapat membantu Anda:

Jangan sikapi perbedaan dengan emosi 

Bijaklah dalam menanggapi tiap perbedaan. Jangan pernah ditangani dengan sikap saling emosi. Menyikapi masalah dengan emosi hanya akan memperuncing persoalan. Tak sedikit dari kita yang langsung tersulut emosi saat perbedaan itu tiba-tiba muncul, padahal keluarga yang harmonis itu bukan bebas dari problema hidup yang disebut perbedaan, malah justru kadang sebaliknya. Pastinya Anda tak akan mau timbul kejenuhan yang pada akhirnya mengakhiri rumah tangga yang tentu tak Anda inginkan.

Bila dirasa ada perbedaan pendapat tanyakan alasan dengan santun

Solusi terbaik dalam menyikapi perbedaan adalah dengan mengkomunikasikannya. Tanyakan kepada suami apa yang ada di pikirannya, sehingga dia memiliki pendapat yang berbeda. Tapi ingat, tanyalah ia dengan rasa kasih sayang, bukan bahasa kasar yang terkesan menjatuhkan dan merasa kita yang paling benar. Karena wajar, sebagai kepala rumah tangga, suami akan tersinggung bila istri seolah tidak ada rasa penghormatan.

Jangan pernah putus berkomunikasi

Percakapan tulus dengan suami bisa menghasilkan hal-hal baru yang membuat satu sama lain semakin tertarik dari situ juga akan tercipta hal-hal baru yang menjadi alasan untuk semakin mencintai pasangan. Ya, Seringkali pasutri yang telah lama menikah kehabisan hal untuk dibicarakan yang ujung-ujungnya menciptakan rasa keterasingan satu sama lain. Komunikasi ini juga dapat tercipta ketika Anda berduaan di tempat tidur. Ketimbang sibuk dengan gadget masing-masing, momen seperti ini dapat menciptakan keintiman yang akan memperbaiki segala hubungan, bahkan yang mulai jauh. Jangan lupa, sebagai wanita, Anda pun harus merawat diri sendiri, termasuk daerah kewanitaan, agar suami betah berlama-lama dengan Anda. Gunakan Resik V Godokan Sirih, antiseptik alami yang membantu mencegah keputihan. Dibuat dari godokan daun sirih asli, Resik V Godokan Sirih Aman digunakan.

Di bulan Ramadan penuh berkah ini ada baiknya kita jadikan momen pasutri untuk saling introspeksi agar ibadah dan harmonisasi keluarga berjalan beriringan.