Hati-hati, Tiga Hal Ini Mampu Merusak Kepercayaan Suami

Jumat, 1 Maret 2019 | 08:10 WIB Harmoni Cinta
Hati-hati, Tiga Hal Ini Mampu Merusak Kepercayaan Suami

Kepercayaan merupakan pondasi penting dalam sebuah hubungan. Tanpa kepercayaan, hubungan akan penuh rasa curiga dan pertengkaran. Keharmonisan rumah tangga pun dapat terancam.

Menumbuhkan rasa percaya antar pasangan juga bukan perkara mudah. Dibohongi sedikit saja, kepercayaan yang sudah tumbuh selama bertahun-tahun bisa hancur seketika. Bagi sebagian besar orang, menumbuhkan kepercayaan yang sudah rusak juga butuh waktu lama.

Supaya Anda selalu dipercaya oleh suami dan kerhamonisan rumah tangga tetap terjaga, hindari sikap dan tingkah laku yang dapat membuat suami curiga. Apa saja sikap dan tingkah laku yang perlu dihindari itu?

1. Tepati janji

Membuat janji memang mudah, tetapi menepatinya tak semudah mengucapkannya. Walaupun begitu, jangan sampai Anda sering membuat janji yang belum tentu bisa ditepati. Anda tak tahu seberapa besar harapan suami terhadap pemenuhan janji tersebut dan usaha apa yang sudah ia lakukan untuk menepatinya. Apabila Anda sering membatalkan janji secara sepihak, kemungkinan besar suami akan merasa kecewa dan susah untuk kembali percaya saat Anda membuat janji baru.

2. Membeberkan hal yang tak seharusnya

Saat sudah berumah tangga, Anda harus mengetahui hal apa yang boleh diceritakan kepada orang lain dan apa yang menjadi rahasia kalian berdua. Tidak semua hal yang terjadi di rumah boleh Anda ceritakan ke orang lain, termasuk ke orang terdekat sekalipun. Terutama kisah yang dapat menimbulkan image jelek terhadap suami.

Apabila suami tahu Anda menceritakan privasi rumah tangga kalian kepada orang lain, kemungkinan besar dirinya akan merasa terkhianati. Kepercayaan yang ia miliki terhadap Anda pun rentan rusak.

3. Membohongi hal kecil

Ingat, kejujuran merupakan kunci utama dari rasa percaya. Biasakan untuk selalu berkata jujur kepada suami meski terasa sulit. Lebih baik ia marah sesaat daripada ia merasa dibohongi dan tidak percaya lagi selamanya. Usahakan juga untuk tidak pernah menyembunyikan hal penting dari dirinya. Tentu dirinya akan kecewa kalau ia sampai mengetahui hal yang Anda rahasiakan dari orang lain.

Itu adalah tiga hal yang perlu Anda hindari demi menjaga kepercayaan dari suami. Ingat saja bahwa sama seperti Anda, suami juga tidak suka dikhianati janjinya dan dibohongi.

Jadilah istri yang jujur dan pandai menjaga rahasia demi rumah tangga harmonis selamanya.