Gambaran Rumah Tangga yang Dipenuhi Berkah Allah SWT

Kamis, 20 Sepember 2018 | 06:35 WIB Cahaya Resik
Gambaran Rumah Tangga yang Dipenuhi Berkah Allah SWT

Menikah karena Allah SWT merupakan sebuah bentuk ibadah dan memenuhi sunah Rasulullah SWT. Membangun rumah tangga yang dibangun berdasarkan ajaran Islam pun akan memiliki fondasi kuat dan dipenuhi berkah.

Yang muda menghormati yang lebih tua

Adab menghormati yang lebih tua amat ditekankan dalam ajaran agama Islam. Namun, saat ini sering kita jumpai anak yang tidak memiliki adab kepada orangtua atau seorang istri yang tidak menghormati suami, itu dikarenakan kurangnya ajaran agama dan pengaruh lingkungan.

Padahal berkah Allah SWT akan diberikan kepada keluarga di mana anak hormat kepada orangtuanya, adik hormat kepada kakaknya, dan istri hormat kepada suaminya.

Penuh kasih sayang

Keluarga yang berlimpah kebaikan tidak semata diukur dari materi, namun keluarga yang penuh akan kasih sayang. Seringkali kita jumpai keluarga dengan kekayaan materi berlimpah tapi minim kasih sayang, itu dikarenakan seluruh anggota keluarga sibuk dengan urusan masing-masing. Padahal tanda sebuah keluarga yang baik adalah banyaknya kasih sayang yang diberikan satu sama lain, yang menjadi landasan interaksi dan lain sebagainya

Allah memberikan mereka pemahaman dalam agama

Keluarga yang diberkahi Allah SWT senantiasa kental mewarnai hari-harinya dengan aktivitas yang diridhoi-Nya. Tiap-tiap anggota keluarga tersebut akan diberikan pemahaman mengenai agama oleh Allah. Seperti, memulai hari dengan salat Subuh berjamaah, berdoa sebelum makan, saling mengingatkan waktu sholat, orangtua yang mau mengaji dan mengajarkan kepada anaknya. Dengan begitu sang anak juga akan melakukan hal yang sama ketika ia memiliki keturunan kelak.

Senantiasa menjauhi yang haram

Islam sungguh indah, menempatkan yang halal diatas yang haram. Kedua hal ini, halal dan haram ,adalah bagian dari hukum syara’ yang saling berseberangan. Halal merujuk kepada hal-hal yang diperbolehkan, sedangkan haram merujuk pada hal-hal yang dilarang.

Allah menjelaskan kepada kita tentang kaidah halal - haram, dalam firman-Nya,

"Dan Allah menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk ( QS; Al A'raaf : 157)."

Dalam setiap petikan kehidupan keluarga, halal dan haram akan senantiasa mengiringi kita. Pastikan harta, perhiasan makanan, dan minuman yang kita konsumsi untuk keluarga halal.

Merawat tubuh juga harus dipastikan pilih dengan yang halal. Walaupun umumnya penggunannya di area luar tubuh tetap saja harus dipastikan kehalalannya. Misal, memilih produk perawat area kewanitaan, hanya pilih produk yang telah lulus Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan telah lolos BPOM Republik Indonesia seperti halnya Resik V Manjakani dan Godogan Sirih. Selain memberi ketenangan hati, karena kehalalannya, Resik V juga terbuat dari bahan-bahan alami yang telah teruji klinis.

ARTIKEL TERKAIT