Kiat Tetap Aktif dan Percaya Diri Saat Haid

Kamis, 17 Mei 2018 | 03:52 WIB Cahaya Resik
Kiat Tetap Aktif dan Percaya Diri Saat Haid

Oleh : dr. Ellen Theodora

Setiap wanita akan mengalami siklus haid yang biasanya diawali dengan gejala pre-haid atau sering disebut dengan premenstrual syndrome. Salah satu dari hal yang paling mengganggu selama haid adalah keputihan.

Keluhan yang paling sering muncul adalah gangguan mood (cepat marah, malas beraktivitas, emosi tidak stabil), nyeri pada payudara, rasa lapar berlebihan, lemas, dan timbul jerawat. Hal ini terjadi pada 3 dari 4 wanita yang mengalami PMS.

Keadaan seperti ini memang dapat terjadi kapan saja dan bervariasi. Bahkan, pencegahan terhadap terjadinya PMS ini masih terus diteliti lebih jauh. Namun, sebenarnya hal tersebut dapat diminimalkan jika Anda bisa mengontrol gejala tersebut.

Selain keluhan di atas, produksi cairan di vagina atau biasa dikenal dengan istilah keputihan, juga kerap dikeluhkan jelang haid. Keputihan yang berwarna putih jernih dengan konsistensi seperti lendir jika tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan seperti gatal atau nyeri panas berarti terbilang normal.

Masalahnya, meskipun masih dalam batas normal, tidak dapat dipungkiri kondisi ini bisa membuat tidak nyaman. Anda pun menjadi tidak percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa kiat untuk menanganinya:

  • Hindari bertambahnya tingkat kelembapan pada area vagina. Seringlah mengganti celana dala
  • Saat haid, pastikan mengganti pembalut tidak lebih dari 4–6 jam agar terlindungi dari infeksi bakteri pada darah haid di pembalut dan tentunya menghindari rasa cemas terjadinya darah haid bocor ke pakaian.
  • Pilihlah produk pembalut dengan bentuk, ukuran, dan bahan yang sesuai dengan kulit Anda.
  • Gunakan sabun pembersih kewanitaan. Agar lebih aman, gunakan hanya cairan pembersih kewanitaan dengan bahan alami seperti godokan sirih yang telah dikenal secara turun-temurun. Cairan ini dapat membuat area kewanitaan Anda lebih bersih, segar dan bebas keputihan.
  • Olahraga sebelum PMS ternyata dapat membantu peredaran darah, sehingga dapat mengurangi kram atau pegal-pegal dalam beraktivitas.

Sebagai wanita masa kini yang aktif dan dinamis, terapkan kiat di atas –khususnya saat Anda haid dan mengalami keputihan, agar tetap percaya diri dalam beraktivitas. Jangan lupa untuk selalu menjaga gaya hidup sehat Anda dengan makanan yang bergizi, ya.

[NP/ RH]

ARTIKEL TERKAIT