Ragam Perawatan Tubuh yang Dianjurkan Agama Islam

Senin, 25 Maret 2019 | 00:30 WIB Cahaya Resik
Ragam Perawatan Tubuh yang Dianjurkan Agama Islam

Allah SWT telah menciptakan setiap manusia dengan tubuh yang sempurna. Sebagai hamba yang bersyukur, kita perlu merawat kebersihan dan kesehatan tubuh yang sempurna ini dengan cara-cara yang dianjurkan oleh agama.

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan Subhanallahi Walhamdulillah memenuhi kolong langit dan bumi, dan salat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al-Quran adalah pedoman bagimu". (HR. Muslim).

Jadi, bila Anda ingin memenuhi sebagian dari iman, sebaiknya Anda merawat tubuh sesuai anjuran agama Islam. Berikut beberapa bentuk perawatan tubuh yang dapat Anda lakukan.

1. Berwudhu

Allah SWT mewajibkan hamba-Nya untuk berwudhu sebelum salat bukan tanpa alasan. Berwudhu dapat membersihkan tubuh dari kuman dan kotoran. Dengan berwudhu lima kali sehari, tubuh tentu akan selalu terjaga kebersihannya. Bahkan, rajin berwudhu mampu membuat wajah tampak lebih cerah dan bersinar.

Abu Hurairah ra. pernah berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'sesungguhnya pada hari kiamat nanti umatku akan dipanggil dalam keadaan putih cemerlang dari bekas wudhu. Dan barangsiapa yang mampu untuk memperlebar putihnya maka kerjakanlah hal itu". (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Pakai masker wajah berbahan alami

Dalam hal perawatan wajah, Anda bisa menggunakan masker dari bahan-bahan alami yang sudah terjamin kehalalannya. Allah SWT telah menciptakan beragam tumbuhan dan buah-buahan yang bermanfaat untuk kecantikan manusia. Misalnya, bahan alami seperti susu, timun, dan madu, memiliki manfaat untuk membuat kulit wajah lebih cerah dan bebas noda hitam. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan sel-sel kulit mati dengan gula atau lemon.

3. Menggunakan pelembap bibir

Sering menggunakan lipstik dapat membuat bibir pecah-pecah dan tampak gelap. Terlebih lagi, Anda tinggal di negara dengan iklim tropis yang udaranya lembap. Untuk menjaga kesehatan bibir, Anda bisa merawatnya dengan pelembap bibir. Apabila ingin menggunakan yang berbahan alami, Anda bisa memanfaatkan madu atau minyak zaitun.

4. Luluran

Mandi saja ternyata tidak cukup untuk membersihkan tubuh dari sel kulit mati dan kotoran. Tubuh perlu benar-benar digosok dengan obat lulur agar bersih sempurna. Walaupun begitu, kegiatan ini tak perlu dilakukan setiap hari. Kalau dilakukan terlalu sering justru bisa membuat kulit terlalu kering. Anda cukup luluran paling tidak satu atau dua kali dalam seminggu.

5. Membersihkan area kewanitaan

Anda perlu ingat bahwa organ tubuh tidak terbatas hanya pada yang terlihat saja. Ada bagian lain yang juga perlu dirawat meski tersembunyi, seperti area kewanitaan. Area ini rentan terkena bakteri dan kuman dari keringat, sehingga dapat timbul masalah kesehatan di bagian reproduksi kalau tidak rutin dibersihkan. Selain itu, membersihkan area kewanitaan juga dapat membuat suami merasa lebih puas dan semakin jatuh cinta.

Namun, membersihkan area kewanitaan tidak boleh sembarangan. Pasalnya, bagian ini cukup sensitif dan memiliki kadar keasaman atau pH yang perlu dijaga. Supaya aman, Anda perlu membersihkannya dengan cairan pembersih khusus area kewanitaan. Produk pembersih khusus area kewanitaan biasanya sudah diformulasi dengan bahan alami yang memiliki pH sesuai dengan organ intim.

Salah satu produk yang dapat Anda gunakan adalah Resik V Khasiat Ramuan Madura, dapat membantu merapatkan daerah kewanitaan, sekaligus membersihkan serta mengurangi bau tak sedap. Yuk, jaga terus kebersihan tubuhmu!

ARTIKEL TERKAIT