Muslimah, Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Berlibur

Jumat, 1 Maret 2019 | 08:05 WIB Cahaya Resik
Muslimah, Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Berlibur

Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum pergi berlibur, terutama ketika akan pergi ke luar negeri yang bukan negara mayoritas muslim atau serumpun. Tak hanya memahami aturan dan budayanya, sebagai turis kita juga harus membekali diri dengan kemampuan bahasa dan  mental yang kuat, serta pengetahuan destinasi yang dikunjungi.

Bagi para muslimah, sebelum pergi berlibur ke luar negeri pastikan lima hal di bawah ini tidak terlewatkan ya.

Pertama, pastikan alokasi dana cukup untuk akomodasi selama perjalanan sehingga dapat memesan hotel yang strategis, layak, dan aman untuk moslem traveler. Jangan sampai kekurangan uang di dompet maupun di ATM. Selain itu, biasakan untuk menyimpan uang tidak di satu tempat, antisipasi kalau terjadi sesuatu.

Kedua, ketahui provider apa yang perlu digunakan ketika di luar negeri sehingga ponsel kamu bisa tetap aktif sebagai alat komunikasi dan internetan. Jaga komunikasi dengan keluarga juga selama perjalanan liburan kamu.

Ketiga, selain memiliki daftar destinasi pastikan juga kamu sudah memiliki daftar restoran atau tempat makan halal. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, traveling ke daerah di Indonesia yang bukan mayoritas muslim saja perlu tahu daftar restoran halal apalagi ini yang di luar negeri.

Keempat, pastikan kamu membawa pakaian yang sesuai dengan musim atau iklim di negara tujuan. Di luar negeri seperti Eropa atau bahkan Jepang memiliki empat musim dibandingkan di Indonesia. Untuk hadapi musim dingin, kamu lengkapi juga syal dan topi meskipun sudah mengenakan hijab.

Kelima, sudah tentu tidak boleh melupakan obat-obat dan produk perawatan tubuh. Apalagi jika kamu termasuk perempuan dengan kulit sensitif yang tidak bisa sembarangan menggunakan sabun, pelembap, handcream, dan lain sebagainya.

Saat beraktivitas padat umumnya perempuan akan mengalami keputihan yang lebih banyak dari biasanya. Semakin banyak keputihan, area kewanitaan tentu jadi semakin lembap. Ditambah suhu sekitar area kewanitaan yang meningkat karena gesekan saat berjalan kaki, pastilah area selangkangan kamu akan lembap karena keringat.

Belum lagi, kalau kamu sedang datang bulan atau haid. Kebersihan area kewanitaan ini harus mendapat perhatian ekstra. Guna menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan saat liburan, kamu perlu membawa produk perawatan yang tepat seperti Resik V Godokan Sirih yang dibuat dari godokan air sirih asli sebagai antiseptik alami untuk mengatasi jamur penyebab keputihan dan bau tak sedap. Cara penggunaan yang mudah dan kemasan yang tertutup rapat membuatnya aman dibawa ketika bepergian jauh.

Itulah beberapa persiapan sebelum berlibur ke luar negeri. Sebagai muslimah yang taat, pastikan sebelum mengawali perjalanan tunaikanlah Sholat Sunnah Safar. Sepadat apapun aktivitasmu ketika traveling jangan sampai meninggalkan sholat lima waktu. Jika memang kondisinya mendesak dan kesulitan melakukan sholat wajib, kamu dapat melakukan sholat Jaman dan Qashar.

Selamat traveling!

ARTIKEL TERKAIT