Kiat Tangkal Godaan Lelaki Iseng untuk Para Muslimah

Jumat, 1 Maret 2019 | 08:02 WIB Cahaya Resik
Kiat Tangkal Godaan Lelaki Iseng untuk Para Muslimah

Muslimah dianjurkan oleh agama Islam untuk mengenakan hijab karena berbagai alasan, salah satunya untuk menjaga diri dari fitnah atau godaan lelaki yang bukan mahram. Namun, sering kali muslimah tetap mendapat godaan dari lelaki meskipun sudah berhijab.

Godaan dari lelaki bisa datang kapan saja dan di mana saja. Karena itu, wanita sebisa mungkin harus menjaga dirinya dengan baik dan mampu menangkal godaan dari para lelaki. Kira-kira, apa saja yang bisa dilakukan?

1. Menundukkan pandangan

Mata merupakan salah satu anggota tubuh yang paling indah untuk dilihat. Tatapan mata antar lawan jenis pun bisa menimbulkan gairah atau hawa napsu. Hawa napsu itu yang kemudian dapat menjadi awal mula timbulnya rayuan.

Guna menghindari godaan yang tidak diinginkan, wanita sebaiknya menjaga diri dengan menundukkan pandangannya saat bertemu atau berpapasan dengan lelaki yang bukan mahramnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat An-Nuur ayat 31.

"Katakanlah kepada mukmin perempuan, hendaklah menundukkan pandangan mereka dan menjaga kehormatan mereka".

2. Memastikan pakaian tertutup sempurna

Meski sudah memakai jilbab, terkadang tanpa disadari bagian tubuh masih ada yang terlihat. Misalnya, tangan dan punggung kaki. Tak jarang pula pakaian yang digunakan ketat atau membentuk lekuk tubuh. Selain tak sesuai dengan kaidah agama, pakaian seperti itu dan aurat yang terlihat juga bisa membuat lelaki tergoda.

Pakailah pakaian yang tertutup sempurna dan berukuran longgar. Gunakan jilbab yang menutupi dada  serta baju dan celana yang tidak membentuk lekuk tubuh. Pastikan pula pakaiannya tidak tembus pandang. Apabila pakaian Anda berbahan tipis dan tembus pandang, jangan lupa pakai pakaian dalam terlebih dahulu.

3. Jangan pedulikan godaan

Saat mendengar godaan dari lelaki iseng, biasanya wanita sering refleks menanggapi dengan marah-marah atau berkata sinis. Namun, respons dalam bentuk apapun justru akan membuat sang lelaki merasa senang. Dia merasa godaannya berhasil menarik perhatian wanita yang dirayu.

Jadi, sekesal apapun Anda mendengar godaan lelaki iseng, jangan terpancing untuk memberi respons. Diam saja dan pergi dari tempat tersebut. Ketika tidak mendapat tanggapan, lama-lama mereka juga akan berhenti melemparkan godaan, kok.

ARTIKEL TERKAIT