Perilaku Sederhana Pasangan Suami Istri yang Dapat Datangkan Pahala Melimpah

Rabu, 20 Februari 2019 | 01:46 WIB Cahaya Resik
Perilaku Sederhana Pasangan Suami Istri yang Dapat Datangkan Pahala Melimpah

Dalam kehidupan rumah tangga dan pernikahan, banyak sekali kemuliaan yang bisa didapatkan pasangan suami-istri. Seperti yang telah diketahui bersama menikah adalah bagian dari menyempurnakan separuh ibadah dan juga membuka pintu rezeki.

Rasullah SAW bersabda "Barangsiapa menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh dari ibadahnya (Agamanya). Dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang sebagian lagi" (HR. Thabrani dan Hakim).

Allah SWT telah berjanji dalam firman-Nya "Dan menikahlah orang-orang yang sendirian di antara kamu semua dan hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka dalam keadaan fakir dan miskin, Allah SWT akan mencukupkan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luar (pemberian-Nya) dan lagi Maha Mengetahui." (QS. An Nur: 32).

Meskipun sudah menikah, pasangan suami-istri haruslah tetap melaksanakan perintah dari Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya untuk benar-benar mendapatkan kemuliaan atau pahalanya. Selain terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan, untuk meraih pahala besar pasangan suami-istri juga perlu menjaga keharmonisan rumah tangga melalui perilaku positif sehari-hari.

Berikut ini perilaku sederhana pasangan Suami-Istri yang dapat mendatangkan pahala besar dan melimpah dari Allah SWT.

1. Saling memandang

Hal kecil pertama yang ternyata memiliki nilai besar adalah ketika suami dan istri saling memandang. Jika sebelum menikah, memandang lawan jenis bagian dari zina mata maka setelah menikah halal hukumnya memandangi pasangannya. Banyak berkah hanya dari saling berpandangan saja. Dari Abu Said Al Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya ketika seorang suami memperhatikan istrinya dan istrinya memperhatikan suaminya, maka Allah memperhatikan mereka berdua dengan perhatian yang penuh rahmat"

2. Bergenggaman tangan

Ketahuilah bahwa sesungguhnya menggenggam tangan suami oleh istrinya akan menghapus dosa.

"...manakala suaminya merengkuh telapak tangannya (diremas-remas) maka berguguran dosa-dosa suami-istri itu dari sela-sela jari jemarinya."

Jangan heran ya kalau lagi di tempat umum banyak pasangan suami-istri yang terlihat gandengan tangan. Bisa jadi mereka sudah paham dengan besarannya amalan hanya dari genggaman tangan.

3. Membelai istri

Menggenggam tangan istri saja sudah merupakan amalan baik dengan pahala besar, apalagi ini membelai istri dengan penuh kasih sayang. Hal ini senantiasa dilakukan oleh Rasulullah SAW kepada istrinya.

"Rasullah SAW biasa setiap hari tidak melupakan untuk mengunjungi kami (para istrinya) seorang demi seorang. Beliau menghampirinya dan membelainnya, sekalipun tidak mencampurinya, sehingga sampai ke tempat istri yang tiba gilirannnya, lalu bermalam di situ." (GR Abu Dawud).

4. Membantu pekerjaan istri

Membantu pekerjaan istri di rumah merupakan salah satu sunah Rasul yang dapat mendatangkan pahala besar.

Suatu ketika Aisyah ditanya oleh Al Aswad bin Yazid,"Apa yang bisa dilakukan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di dalam rumah?" Aisyah pun menjawab,"Beliau biasa membantu pekerjaan istrinya. Bila tiba waktu shalat, beliau pun keluar untuk mengerjakan shalat." (HR Bukhari)

5. Bercanda

Keharmonisan rumah tangga dapat diciptakan oleh pasangan lewat senyum dan tawa bahagia. Untuk itulah jangan ragu untuk bercanda dan bersenda gurau dengan pasangan dan anak-anak. Rasullullah pun selalu menyempatkan waktu untuk bercanda bersama denga keluarganya.

"Segala sesuatu yang dijadikan oleh anak adam adalah bathil, kecuali tiga perkara, melepaskan panah dari busurnya, latihan berkuda dan senda gurau (mula'abag) bersama keluarganya, karena itu adalah hak bagi mereka." (HR Ath Thabrani)

Itulah lima perilaku sederhana pasangan suami-istri yang dapat mendatangan pahala melimpah. Sudahkah Anda mempraktekkan di rumah? Kalau belum segera lakukan dan terus jagalah keharmonisan rumah tangga untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

ARTIKEL TERKAIT